Aturan O Sensei untuk latihan Aikido

Aturan O Sensei untuk latihan Aikido

  1. Aikido memutuskan hidup dan mati dalam satu serangan, sehingga siswa harus hati-hati mengikuti ajaran instruktur dan tidak bersaing untuk melihat siapa yang paling kuat.
  2. Aikido adalah cara yang mengajarkan bagaimana seseorang dapat menghadapi beberapa musuh. Siswa harus melatih diri untuk tidak hanya waspada ke depan, tetapi untuk semua sisi dan belakang.
  3. Latihan harus selalu dilakukan dalam suasana yang nyaman dan menyenangkan.
  4. Instruktur mengajarkan hanya satu aspek kecil dari seni bela diri. Sedangkan aplikasinya tersebut harus ditemukan oleh setiap siswa melalui praktek dan pelatihan terus-menerus.
  5. Dalam latihan pertama-tama dimulai dengan menggerakkan tubuh Anda dan kemudian berkembang menjadi lebih intensif berlatih. Jangan pernah memaksa sesuatu tidak wajar atau tidak masuk akal. Jika aturan ini diikuti, maka bahkan orang tua tidak akan menyakiti diri mereka sendiri dan mereka dapat melatih dalam suasana yang nyaman dan menyenangkan.
  6. Tujuan Aikido adalah untuk melatih pikiran dan tubuh dan untuk menghasilkan orang yang tulus dan bersungguh-sungguh. Karena semua teknik harus diajarkan dari-orang-ke-orang, janganĀ  dibocorkan kepada orang lain secara acak , karena hal ini dapat mengakibatkanĀ  digunakan oleh penjahat.

Aturan Tambahan dari Doshu

  1. Aikido yang benar tidak pernah dapat dikuasai kecualiĀ  mengikuti mecara ketat ajaran instruktur.
  2. Aikido sebagai seni bela diri disempurnakan dengan bersikap waspada terhadap segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita dan tidak meninggalkan titik kelemahan (suki).
  3. Latihan menjadi nyaman dan menyenangkan bila seseorang sudah cukup terlatih untuk tidak terganggu oleh rasa sakit.
  4. Seseorang seharusnya tidak akan puas dengan apa yang diajarkan di dojo. Kita harus terus-menerus mencerna, mencoba dan mengembangkan apa yang telah dipelajari.
  5. Seseorang seharusnya tidak pernah memaksa hal-hal yang tidak wajar atau tidak masuk akal dalam latihan. Orang harus mengikuti pelatihan cocok untuk tubuhnya, kondisi fisik dan usia.
  6. Tujuan Aikido adalah untuk mengembangkan diri manusia yang sesungguhnya. Tidak boleh digunakan untuk menampilkan ego.

 

 

 

 

Versi Bahasa Inggris:

 

http://www.aikidofaq.com/dojo_rules.html

 

Leave a Comment

Connect with Facebook